Jumat, 22 Maret 2013

PESONA ALAM KAWASAN DANAU DIATAS




Sumatera Barat banyak memiliki pariwisata alam. Suasana pedesaan yang sejuk  dan nyaman, itulah yang di cari pengujung bila berkunjung ke pariwisata alam. Udara kota yang panas dan dicampur dengan polusi udara, dan padatnya aktivitas perkotaan membuat hati jenuh. Berkunjung ke tempat wisata yang memiliki keindahan alam dapat mengembalikan suasana hati menjadi tentram. Salah satu tempat wisata dengan suasana pedesaan yang asri serta pemandangan yang indah dapat anda nikmati di kawasan Danau Atas.
Danau ini terletak di Kabupaten Solok, yaitu di Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti. Kabupaten Solok ini merupakan kabupaten yang kaya dengan danau di Sumatera Barat karena Kabupaten Solok memiliki tiga danau, yaitu Danau Atas, Danau Bawah, dan Danau Talang. Pemerintah Kabupaten Solok menamai kawasan yang terletak di kecamatan Lembang Jaya dan Kecamatan Lembah Gumanti  ini sebagai kawasan wisata Danau Kembar. Disebut kawasan danau kembar karena dua danau, yaitu Danau Atas dan Danau Bawah letaknya berdampingan, yaitu sekitar 300 meter. Sedangkan Danau Talang berada sekitar 4,5 km dari kedua danau ini.
Untuk mencapai kawasan ini sangat mudah. Dari Kota Padang kita menuju arah timur melalui jalan raya Indarung. Dalam perjalanan kita dapat melihat lokasi pabrik PT Semen Padang yang terletak disebelah kiri jalan. Pabrik ini merupakan pabrik semen tertua di Sumatera Barat. Disamping itu, kita juga dapat melihat lokasi bukit kapur penambangan, yang terletak di sebelah kanan jalan. Setelah melewati lokasi ini, kita mulai memasuki kawasan perbukitan yang menanjak, yaitu kawasan Sitinjau Laut. Dari sini kita juga dapat melihat padat dan luasnya kota Padang yang didampingi oleh hamparan laut yang luas.
Kira-kira satu jam perjalanan, kita telah memasuki kawasan Kabupaten Solok. Disepanjang perjalanan menuju Danau Diatas, kita akan disuguhi dengan pemandangan hijau lahan perkebunan teh di kaki Gunung Talang yang terbentang luas bagaikan permadani yang sedang terbentang, dan siap menghantar kenyamanan dan kesejukan mata Anda. Disini udaranya terasa dingin, karena merupakan daerah pegunungan. Pemandangan yang indah ini dapat menghilangkan suntuk di kota yang hanya dipenuhi gedung-gedung dan hirup pikuk kendaraan yang lalu lalang silih berganti.
Setelah melewati kawasan ini kita akan di suguhi pemandangan perairan luas di depan mata, yaitu Danau Atas yang terletak di sebelah kanan jalan. Hamparan perairan ini diselimuti awan putih yang bergerak rendah  dan kabut khas pegunungan. Kawasan tersebut saat ini sedang dikembangkan sebagai objek wisata andalan. Tidak hanya andalan Kabupaten Solok, bahkan andalan Sumatera Barat. Pemerintah Kabupaten Solok membangun resort pinggir danau di Kecamatan Lembah Gumanti, yaitu sisi terindah dari Danau Diatas. Disini ada convention hall, berkapasitas 800 orang, juga terdapat fasilitas penginapan, yaitu dua villa besar tingkat dua dari semen dengan tiga kamar lengkap dengan dapur dan ruang tamu. Di samping itu juga terdapat dua villa kecil dari kayu dengan satu kamar, serta tedapat sepuluh cottage.
 Di villa Danau Atas ini pemandangannya  sangat indah. Air danau yang tenang membuat perasaan jadi tenang. Disekitar danau juga terlihat bukit-bukit hijau yang bebaris rapi  mengelilingi danau. Pengunjung dapat bermain air ataupun berenang disekitar pinggir danau. Selain itu juga terdapat pohon-pohon yang rindang dan dibawahnya terdapat pondok-pondok kecil yang dapat dijadikan sebagai tempat beristirahat sambil menikmati berbagai makanan dan minuman. Disekitar lokasi villa ini juga banyak terdapat para penjual makanan, sehingga pengunjung tidak perlu bersusah payah membawa makanan ataupun minuman dari rumah. Selain itu, tempat ini juga sering dimanfaatkan untuk melaksanakan berbagai acara, seperti seminar, KBM, kegiatan pramuka dan lain sebagainya karena lokasinya luas dan memiliki sarana yang memadai.
Pemandangan alam ranah minang memang luar biasa. Apa lagi daerah disekitar Danau Kembar ini, yang dapat dijadikan sebagai satu diantara pilihan tempat berlibur. Pemandangan alam yang indah, dengan suasana pedasaan yang asri dan udara yang sejuk menjadi daya tarik tersendiri dari tempat wisata ini. Jadi, tunggu apalagi, bagi anda yang ingin menikmati suasana pedesaan yang asri dengan udara yang sejuk dan nyaman Danau Atas inilah salah satu tempatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar