Jumat, 22 Maret 2013

Hidup Optimis Kunci Kesuksesan




Hidup yang optimis adalah awal dari kesuksesan. Kesuksesan itu tidak akan datang secara tiba-taba. Kita harus gigih berusaha dan bekerja keras untuk  meraih kesuksesan tersebut. Karena, sesuatu tidak akan datang kalau tidak diusahakan. Masalah yang besar akan terasa mudah jika dihadapi dengan sikap yang optimis. Sikap yang optimis itu selalu diiddentik dengan berfikir positif. Dengan sikap yang optimis dan berfikir positif tersebut, semua masalah yang dihadapi akan terasa mudah. (definisi)
Orang-orang yang hidup optimis dan memiliki pemikiran yang positif, akan selalu berfikiran yang baik tentang dirinya, tidak mudah putus asa, dan selalu berusaha untuk menjadi yang terbaik. Sehingga, orang-orang yang hidup optimis ini akan merasa mudah dalam mencapai kesuksesan. Sedangkan, orang-orang yang hidup pesimis dan memiliki pemikiran yang negatif,  akan selalu merasa dirinya tidak akan mampu dalam menciptakan sesuatu. Mereka tidak yakin dan percaya akan kemampuan mereka sendiri, dan tidak ingin berusaha. Sehingga, orang-orang yang idup pesimis ini akan  sangat sulit dalam mencapai kesuksesan.  (pertentangan)
Contoh orang yang hidup optimis yaitu, tidak takut dalam melakukan sesuatu. Orang yang hidup optimis itu akan selalu berusaha dan yakin akan kemampuan yang dimilikinya. Seperti seorang siswa yang akan menghadapi Ujian Nasional. Dia akan berusaha belajar lebih giat lagi, sehingga dia akan merasa yakin dan percaya bahwa dia akan mampu dan berhasil menghadapi ujian tersebut.  (contoh)

Hidup yang optimis ini tidak hanya berfikiran yang positif terhadap diri sendiri saja, tetapi juga berfikian positif terhadap orang lain. Ciri-ciri orang yang berfikir positif terhadap diri sendiri yaitu: berani mencoba hal-hal yang baru, berani sukses dan berani gagal, berani menetapkan tujuan hidup, berfikir kedepan, serta yakin dan percaya dengan kemapuan yang dimiliki. Berfikir positif terhadap orang lain dapat berupa: menghargai pendapat orang lain, yakin dan prcaya akan kemampuan yang dimiliki orang lain, tidak melihat kekurangan orang lain, dan sebagainya. (perincian)

1 komentar: